PERBEDAAN TEKANAN DARAH SEBELUM DAN SESUDAH BEKERJA PADA PEKERJA BONGKAR MUAT DI TERMINAL MOBIL BARANG (MOBAR) KECAMATAN MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT

JAUHARI AMIR, NIM : 07C10104072 (2013) PERBEDAAN TEKANAN DARAH SEBELUM DAN SESUDAH BEKERJA PADA PEKERJA BONGKAR MUAT DI TERMINAL MOBIL BARANG (MOBAR) KECAMATAN MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK, BAB I SAMPAI V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Tekanan Darah Sering kali di pengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal, karena semakin rendah tekanan darah semakin sehat pula untuk jangka panjang kecuali dalam kondisi tertentu ketika darah sangat rendah juga merupakan bagian suatu penyakit. Aktifitas fisik pekerja yang berlebihan juga merupakan salah satu faktor penyebab tejadinya tekanan darah bisa meningkat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan tekanan darah sebelum dan sesudah bekerja pada pekerja bongkar muat di terminal mobil barang (MOBAR) Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat Tahun 2013. Jenis penelitian bersifat eksperimental dengan desain cross sectional Sampel berjumlah 30 orang, pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner untuk aktifitas fisik dan pengukuran lansung tekanan darah dengan menggunakan tensoval digital dan dianalisa dengan menggunakan uji Paired Sempel T-test,penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2013. Hasil analisisuji Paired T-test, uji perbedaan tekanan darah sistolik sebelum dan sesudah bekerja diketahui bahwa nilai sig, sebesar0,000 atau lebih kecil dari 0,001 (p≤0,001). Sedangkan uji perbedaan tekanan darah diastolik sebelum dan sesudah bekerja, diketahui bahwa nilai sig, sebesar 0,013 atau lebih kecil dari 0,005 (p≤ 0,005). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan baik itu pada tekanan darah sistolik maupun pada tekanan darah diastolik sebelum dan sesudah bekerja. Hendaknya pada saat melakukan aktivitas fisik berat para pekerja sebaiknya memakai alat bantu lainnya yang bisa meringankan pekerja, sesering mungkin meminum air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan istirahat yang cukup sehingga tekanan darah tidak melebihi batas normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tekanan Darah, Aktivitas Fisik, Tekanan Sistolik, Tekanan Diastolik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 17 Sep 2017 07:46
Last Modified: 17 Sep 2017 07:46
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item