Hubungan Faktor Resiko Pencemaran terhadap Kualitas Fisik Air Sumur Gali di Desa Alue Tampak Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat Tahun 2013

HANISAH, NIM: 07C10104059 (2013) Hubungan Faktor Resiko Pencemaran terhadap Kualitas Fisik Air Sumur Gali di Desa Alue Tampak Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (260kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Sumur gali merupakan sumber air bersih bagi masyarakat Desa Alue Tampak Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Kondisi sanitasi sumur gali yang digunakan warga jika dilihat secara fisik masih kurang memenuhi syarat kesehatan. Kondisi sanitasi sumur gali yang buruk dapat menyebabkan pencemaran terhadap sumber air bersih. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan faktor resiko pencemaran terhadap kualitas fisik air sumur gali di Desa Alue Tampak Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional adalah yaitu penelitian untuk mengetahui hubungan kondisi sanitasi sumur galian terhadap kualitas fisik air sumur gali di Desa Alue Tampak Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Populasi populasi dari penelitian ini adalah semua rumah tangga yang mempunyai sumur gali yang berjumlah 280 rumah yang menjadi sampel 74 rumah teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling uji statistik dengan menggunakan uji chi-square. penelitian ini dilakukan pada 5 Juni sampai dengan 5 Juli 2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan adanya hubungan antara kondisi sanitasi sumur galian dengan kualitas fisik air sumur galian di Desa Alue Tampak Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat dengan nilai p=0,001 yang bearti lebih kecil dari α-value 0,05. Disarankan bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat melakukan penyuluhan secara berkala tentang sanitasi lingkungan dan sarana air bersih (air sumur gali) yang benar. Melakukan pemeriksaan kualitas air sumur gali secara berkala. Memberikan penyuluhan kepada tokoh masyarakat mengenai cara-cara memperbaiki kualitas air yang tercemar. Bagi masyarakat melakukan perbaikan sarana air bersih (air sumur gali) dengan memperbaiki kualitas dinding sumur, lantai sumur, bibir sumur, dan SPAL kedap air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Sanitasi, Kualitas Fisik Air Sumur Galian
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 17 Sep 2017 07:31
Last Modified: 17 Sep 2017 07:31
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item