Keadaan Sanitasi Dasar Pemukiman Tempat Tinggal dan Perilaku Masyarakat Tentang Kesehatan Lingkungan di Gampong Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat

FERNA EKA SANTRIYA WATI, NIM: 07C10104054 (2013) Keadaan Sanitasi Dasar Pemukiman Tempat Tinggal dan Perilaku Masyarakat Tentang Kesehatan Lingkungan di Gampong Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Sanitasi dasar pemukiman tempat tinggal yang sehat harus memenuhi syarat penyediaan air bersih, sarana pembuangan tinja, sarana pembuangan sampah dan sarana pembuangan limbah. Disamping itu faktor perilaku juga mempengaruhi keadaan sanitasi dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang keadaan sanitasi dasar pemukiman tempat tinggal dan perilaku masyarakat tentang kesehatan lingkungan di Gampong Drien Rampak. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif dengan populasi 1601 KK penarikan sampel digunakan dengan tehnik purpusive sampling yang berjumlah 94 KK. Data diperoleh dari data primer melalui Kuisioner dan data sekunder melalui data gampong. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar masyarakat sudah mempunyai penyediaan air yang baik yaitu sebanyak 79 (84,0%). Pembuangan tinja umumnya menggunakan tempat yang baik 74 (78,7%). Pembuangan sampah rumah tangga pada umummya sudah baik 53 (56,4%). Pembuangan air limbah pada umumnya sudah baik yaitu 67 (71,3%). Perilaku masyarakat masih bersifat perilaku pasif dimana sebagian besar pengetahuan responden adalah baik 67 (71,3%), dan mayoritas responden mempunyai sikap positif 67 (71,3%), sedangkan responden yang tindakan baik hanya sebesar 67 (71,3%). Diusahakan agar upaya penyuluhan kesehatan lebih ditingkatkan bagi petugas kesehatan dan masyarakat hendaknya lebih berperan aktif dalam menjalankan program - program kebersihan dari Pemda setempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sanitasi Dasar, Pemukiman Tempat Tinggal, Perilaku Kesehatan Lingkungan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 17 Sep 2017 07:23
Last Modified: 17 Sep 2017 07:23
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item