HUBUNGAN PERILAKU IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PENANGANAN AWAL DIARE DALAM MENCEGAH TERJADINYA DEHIDRASI PADA BALITA DI GAMPONG PURWODADI KECAMATAN KUALA PESISIR KABUPATEN NAGAN RAYA

DINI ANGGRAINI, NIM : 07C10104034 (2013) HUBUNGAN PERILAKU IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PENANGANAN AWAL DIARE DALAM MENCEGAH TERJADINYA DEHIDRASI PADA BALITA DI GAMPONG PURWODADI KECAMATAN KUALA PESISIR KABUPATEN NAGAN RAYA. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (323kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Penanganan awal diare yang buruk merupakan salah satu masalah di bidang kesehatan yang perlu mendapat perhatian karenaperanannya dalam memutus terjadinya masalah kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku ibu rumah tangga terhadap penanganan awal diare dalam mencegah terjadinya dehidrasi pada balita di Gampong Purwodadi Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya, pengumpulan data dengan menggunakan instrument kuesioner dianalisa dengan menggunakan uji chi square. Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional, penelitian ini dilakukan pada tanggal 2 September sampai dengan 7 September 2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan adanya hubungan antara pengetahuan dengan penanganan awal diare dimana dengan nilai p =0,003 tidak adanya hubungan antara sikap dengan penanganan awal diare dimana nilai p=1,000 di Gampong Purwodadi Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Diharapkan bagi masyarakat gampong khususnya untuk ibu- ibu yang memiliki balita untuk meningkatkan pengetahuannya tentang penanganan awal diare pada balita, sehingga dehidrasi pada balita akibat diare dapat ditangani dengan baik. Diharapkan bagi Puskesmas Padang Panyang Kecamatan Kuala Pesisir agar meningkatkan kegiatan penyuluhan kepada ibu- ibu tentang penanganan awal diare, sehingga penanganan awal diare dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Penanganan Awal Diare
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 17 Sep 2017 06:36
Last Modified: 17 Sep 2017 06:36
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item