HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN KONSUMSI MAKANAN DENGAN MENOPAUSE DINI DI DESA BLANG TEUNGOH KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA

DESI RATNA WATI, NIM : 07C10104029 (2013) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN KONSUMSI MAKANAN DENGAN MENOPAUSE DINI DI DESA BLANG TEUNGOH KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (189kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Wanita yang memasuki masa Menopause tentu mengalami problem kesehatan, karena berkurangnya hormon estrogen dalam darah. Timbulnya efek tersebut sebagai dampak menurunnya fungsi ovarium (indung telur). Berkurangnya hormon estrogen membuat mereka mengalami beberapa kelainan, baik yang terjadi dalam jangka pendek maupun panjang. Manifestasi gangguannya bukan Cuma fisik, tetapi juga mental. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Perilaku Konsumsi Makanan dengan Menopause Dini di Desa Blang Teungoh Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya Tahun 2013 Sampel dalam penelitian ini adalah 44 ibu-ibu yang sudah menopause di Desa Blang Teungoh Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode Total Sampling. Hasil penelitian diketahui bahwa dari 28 responden yang pengetahuannya baik 46,4% tidak mengalami menopause dini sedangkan dari 16 responden yang pengetahuannya kurang baik 93,8% mengalami menopause dini, dari 29 responden yang sikapnya baik 48,3% tidak mengalami menopause dini sedangkan dari 15 responden yang sikapnya kurang baik 100% mengalami menopause dini, dari 26 responden yang tindakannya baik 50% tidak mengalami menopause dini sedangkan dari 18 responden yang tindakannya kurang baik 94,4% mengalami menopause dini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan semua variabel independen mempunyai hubungan dengan kejadian menopause dini dimana pengetahuan dengan nilai P Value 0,016 < α (0,05), sikap dengan nilai P Value 0,001 < α (0,05), dan tindakan dengan nilai P Value 0,005 < α (0,05). Kepada Kepala Puskesmas Ujung Patihah agar dapat lebih meningkatkan lagi penyuluhan dan promosi kesehatan yang berkaitan dengan prilaku ibu dalam mencegah menopause dini dan kepada Ibu-ibu agar lebih meningkatkan kesadaran dan pengetahuannya akan pentingnya pelaksanaan mengkonsumsi makanan sehat agar terhindar dari masalah menopause dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Tindakan dan Menopouse dini.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 17 Sep 2017 06:14
Last Modified: 17 Sep 2017 06:14
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item