Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Perawatan Payudara Pada Ibu Hamil Trimester III Di Puskesmas Meureubo Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat

DARSINA, NIM : 07C10104026 (2013) Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Perawatan Payudara Pada Ibu Hamil Trimester III Di Puskesmas Meureubo Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (448kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Perawatan payudara sangat penting dilakukan selama hamil sampai masa menyusui. Hal ini karena payudara satu- satunya penghasil ASI yang merupakan makanan bayi baru lahir sehingga dilakukan sedini mungkin. Inilah karunia Allah yang sangat besar kepada kaum wanita dimana ASI merupakan makanan paling cocok bagi bayi, komposisinya paling lengkap, dan tidak bisa ditandingi susu formula buatan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan, pendidikan, serta sikap dengan perawatan payudara pada ibu hamil trimester III. Manfaat penilitian bagi para ibu dapat dijadikan bahan masukan untuk lebih memperhatikan perawatan payudara selama masa kehamilan. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 ibu hamil, pengumpulan data dengan menggunakan kueisioner dianalisis menggunakan uji Chi – Square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perawatan payudara pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Meureubo Kabupaten Aceh Barat tahun 2013 (p value 0,018), terdapat hubungan antara sikap dengan perawatan payudara pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Meureubo Kabupaten Aceh Barat tahun 2013 (p value 0,008). Kepada Puskesmas Meureubo Kabupaten Aceh Barat agar senantiasa lebih meningkatkan promosi tentang pentingnya perawatan payudara pada ibu hamil sehingga para ibu memiliki pengetahuan yang memadai tentang perawatan payudara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, pendidikan, ibu hamil
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 17 Sep 2017 06:10
Last Modified: 17 Sep 2017 06:10
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item