ANALISIS ABILITY TO PAY DAN WILLINGNESS TO PAY PENUMPANG ANGKUTAN UMUM MINIBUS L 300

Zulfikar, NIM : 07C10203127 (2015) ANALISIS ABILITY TO PAY DAN WILLINGNESS TO PAY PENUMPANG ANGKUTAN UMUM MINIBUS L 300. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Angkutan minibus L 300 merupakan salah satu angkutan umum yang digunakan masyarakat sebagai moda transportasi. Begitu juga bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan rute Meulaboh – Banda Aceh, minibus L 300 akan menjadi salah satu moda transportasi yang akan digunakan. Masalah yang selalu menjadi beban yang berat bagi penumpang angkutan minibus L 300 rute Meulaboh – Banda Aceh yaitu tentang penetapan tarif angkutan. Harga bahan bakar minyak yang semakin tinggi juga ikut berdampak pada kenaikan tarif angkutan minibus L300 yang mempengaruhi nilai kemampuan dan kemauan masyarakat pengguna. Menghindari dari permasalahan tersebut maka perlu dilakukan suatu penelitian mengenai Analisis Ability To Pay dan Willingness To Pay penumpang minibus L 300 rute Meulaboh – Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tarif dilihat dari kemampuan membayar dan kemauan membayar penumpang minibus L 300 rute Meulaboh – Banda Aceh. Metode pengumpulan data Ability To Pay menggunakan metode household dan metode pengumpulan data Willingness To Pay menggunakan metode state preferense. Hasil perhitungan dari jumlah sampel 100 penumpang, harga tarif berdasarkan Ability To Pay (kemampuan membayar penumpang) tarif rata - rata sebesar Rp. 112.000, tarif berdasarkan ATP terendah sebesar Rp. 102.000 sedangkan nilai ATP tertinggi adalah Rp. 118.500. Tarif angkutan minibus L 300 berdasarkan Willingness To Pay (kemauan membayar penumpang) rata – rata adalah sebesar Rp. 97.000, tarif berdasarkan nilai WTP terendah sebesar Rp.94.000 dan berdasarkan nilai WTP tertinggi adalah Rp. 99.000. Dari hasil penelitian perhitungan tarif angkutan minibus L 300 rute Meulaboh – Banda Aceh berdasarkan Ability To Pay (kemampuan membayar) dan Willingness To Pay (kemauan membayar), maka dapat disimpulkan bahwa tarif yang berlaku pada saat ini tidak terlalu jauh beda dibandingkan dengan tarif berdasarkan kemampuan dan kemauan membayar penumpang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: L 300, Ability To Pay, Willingness To Pay.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Teuku Fajri El Caramoy
Date Deposited: 17 Sep 2017 06:16
Last Modified: 17 Sep 2017 06:16
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item