PENGARUH SOSIALISASI PAJAK BUMI DAN BANGUNAN, PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KABUPATEN NAGAN RAYA

Abdul Majid, NIM. 06C20101027 (2013) PENGARUH SOSIALISASI PAJAK BUMI DAN BANGUNAN, PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KABUPATEN NAGAN RAYA. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://www.utu.ac.id

Abstract

Abdul Majid. Pengaruh Sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan, PDRB Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kabupaten Nagan Raya. di bawah bimbingan Zulbaidi dan Zulkipli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kabupaten Nagan Raya. Peneliti mengadakan penelitian di Kabupaten Nagan Raya dengan mengambil studi kasus selama 5 tahun terakhir dari tahun 2008 sampai dengan 2012. Adapun data dalam penelitian ini mengunakan data Sekunder yang di peroleh dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Meulaboh, Penelitian ini menggunakan model analisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis regrasi linier berganda, dengan menggunakan dua variabel yaitu sosialisasi pajak (X1) PDRB (X2) dan kepatuhan wajib pajak (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara sosialisasi pajak, PDRB dengan kepatuhan wajib pajak yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 93 persen. Koefisien determinasi sebesar 0,734, ini bearti variabel sosialisasi pajak dan PDRB mampu menjelaskan variabel kepatuhan wajib pajak sebesar 73 persen, sedangkan 27 persen dipengaruhi oleh variabel di luar model. Pembuktian bahwa variabel sosialisasi pajak dan PDRB mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dapat dilihat dari hasil uji F, di mana nilai Fhitung sebesar 6,512 < Ftabel 19,000. Artinya H0 diterima H1 ditolak, maka variabel Sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan dan Produk Domestik Regional Bruto secara simultan (bersama-sama tidak bergaruh yang signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kabupaten Nagan Raya. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka disimpulkan ada pengaruh yang erat antara sosialisasi pajak bumi dan bangunan terhadap kepatuhan wajib pajak, dan disarankan wajib pajak tetap mempertahankan kepatuhan yang tinggi dalam membayar pajak bumi dan bangunan. Sedangkan untuk meningkatkan hasil penerimaan dari pajak bumi dan bangunan dapat ditempuh dengan jalan intensifikasi, ekstensifikasi, dan mengevaluasi hasil penerimaan pajak bumi dan bangunan agar tidak terjadi kebocoran dalam penerimaan uang ke kas negara dan pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Abd.Jamal,SE.,M.Si Pembimbing II : Zulbaidi, SP. MM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Unnamed user with email dfsaputra@gmail.com
Date Deposited: 10 Sep 2017 13:08
Last Modified: 10 Sep 2017 13:08
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item View Item