PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PUPUK KANDANG DAN GREEN PANTAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BEBERAPA VARIETAS PADI (Oriza sativa L)

ZULHELMI, 07c10407181 (2013) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PUPUK KANDANG DAN GREEN PANTAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BEBERAPA VARIETAS PADI (Oriza sativa L). Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf

Download (327kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id

Abstract

ZULHELMI : Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang dan Green Pantas Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Beberapa Varietas Padi (Oriza sativa L.) dibawah bimbingan Mukhtizar sebagai pembimbing utama dan Aswin Nasution sebagai pembimbingn anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi pupuk kandang dan Green Pantas terhadap pertumbuhan dan produksi beberapa varietas padi ( Oriza sativa L ) serta nyata tidaknya interaksi antar keduanya. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Babah Lueng Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya dimulai pada tanggal 10 Januari 2012 sampai dengan Juni 2012. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 4 X 3, dengan 3 ulangan sehingga didapat 36 unit percobaan. Faktor yang diuji meliputi kombinasi pupuk kandang dan Green Pantas dengan Varitas. Faktor Kombinasi Pupuk Kandang dan Green Pantas meliputi Kontrol (G0), 2 kg/bedengan (6,7 Ton/ha) + 1,0 cc/l air (G1) dan 3 kg/bedengan (10 Ton/ha ) + 1,5cc/l air (G3) sedangkan faktor Varietas meliputi varietas Intani 02( V1), IR 64 (V2), Cigeulis (V3) dan Ciherang (V4). Peubah yang diamati meliputi tinggi tanaman dan jumlah anakan per rumpun umur 20, 40 dan 60 HST, jumlah malai per rumpun, berat gabah basah dan gabah kering per plot serta produksi per Ha. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi Pupuk Kandang dan Green Pantas berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 40 dan 60 HST, jumlah anakan per rumpun umur 40 dan 60 HST serta berpengaruh nyata terhadap berat gabah basah, berat gabah kering per plot dan produksi per Ha namun berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman dan jumlah anakan per rumpun umur 20 HST dan jumlah malai per rumpun. Pertumbuhan dan produksi tanaman padi tertinggi didapati pada kombinasi pupuk kandang dan Green Pantas ( 3 Kg/bedeng atau 10 Ton/ha pupuk kandang dengan 1,5 cc/l air Green Pantas ). Selanjutnya faktor varietas berpengaruh sangat nyata terhadap berat gabah basah dan gabah kering per plot serta produksi per Ha, berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 40 dan 60 HST, jumlah anakan per rumpun umur 40 dan 60 HST namun berpengaruh tidak nya terhadap tinggi tanaman dan jumlah anakan umur 20 HST, dan jumlah malai per rumpun. Secara umum pertumbuhan varietas padi tertinggi di dapati pada varietas Cigeulis sedangkan produksi tertinggi di dapati pada varietas Intani 02. Penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi yang nyata antara kombinasi Pupuk Kandang dan Green Pantas dengan varietas terhadap semua peubah pertumbuhan dan produksi tanaman padi yang diamati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Zulfikri., S.IP., ALC
Date Deposited: 13 Sep 2017 13:42
Last Modified: 13 Sep 2017 13:42
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item