ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI METODE SRI (SYSTEM RICE INTENSIFICATION) DI GAMPONG MESJID KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT

TEUKU ANDI DARMAWAN, NIM 06C10404059 (2015) ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI METODE SRI (SYSTEM RICE INTENSIFICATION) DI GAMPONG MESJID KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id

Abstract

Teuku Andi Darmawan, “Analisis Pendapatan Usahatani Metode SRI (System Rice Intensification) di Gampong Mesjid Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat”. Pendapatan usahatani merupakan salah satu faktor kunci dalam peningkatan kualitas kesejahteraan petani. Melalui kegiatan usahatani dengan metode SRI, ingin diketahui apakah hasil dari nilai tukar petani tersebut atau kemampuan finansial yang disetarakan dengan uang dapat menghidupi keluarganya secara layak atau tidak. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling) terhadap petani yang mengusahakan Usahatani SRI di Gampong Mesjid kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Metode penelitian secara deskriptif dan menggunakan data primer dan sekunder dari berbagai literatur dan tokoh kunci. Hasil yang diperoleh bahwa keuntungan usahatani SRI atas biaya total adalah sebesar Rp. 6.847.950,- yang berasal dari pengurangan antara pendapatan sebesar Rp. 14.377.000 dan pembiayaan sebesar Rp. 7.529.050,- sementara dari hasil perhitungan R/C rasio atas biaya tunai responden diperoleh nilai sebesar 2,29. Ini berarti bahwa setiap pengeluaran tunai sebesar Rp. 1,00 akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp. 2,29 sehingga usahatani layak untuk dilanjutkan atau menguntungkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Zulfikri., S.IP., ALC
Date Deposited: 13 Sep 2017 13:02
Last Modified: 13 Sep 2017 13:02
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item View Item