STUDI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN ASPAL DENGAN PENAMBAHAN CANGKANG CUE SEBAGAI PENGGANTI FILLER

Abdur Rafar, NIM: 1405903020011 (2020) STUDI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN ASPAL DENGAN PENAMBAHAN CANGKANG CUE SEBAGAI PENGGANTI FILLER. Tugas Akhir thesis, Universitas Teuku Umar.

[thumbnail of ABSTRAKpdf.pdf] Text
ABSTRAKpdf.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of BAB I-V.pdf] Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (191kB)

Abstract

Perkerasan jalan raya merupakan lapisan yang terletak di antara lapisan tanah dasar dan roda kendaraan, perkerasan jalan raya dibuat berlapis-lapis supaya mempunyai daya dukung dan keawetan yang memadai agar dapat menunjang fungsinya sebagai konstruksi jalan. Permasalahan umum yang terjadi di lapangan adalah dalam produksi pemecahan batu hanya menghasilkan filler yang sangat terbatas jumlahnya dan sering tidak seimbang dengan permintaan. Upaya mencari alternatif filler pengganti dari potensi sumber daya alam menjadi sangat penting untuk dilakukan. Provinsi aceh memiliki warung makan yang menyuguhkan cue atau gulai cue yang sudah terkenal di aceh dan merupakan makanan khas aceh. Warung makan kaki gunong kulu ini mampu mengolah cue per hari hinga 20 kilo daging cue dan menghasilkan limbah lebih kurang 2 goni isi 15 kilo cangkang cue per hari. Ada pun tujuan atau alasan mengambil cue sebagai penelitian si penulis karena begitu banyak di kusumsi sehinga menghasilkan limbah. warung tersebut menjadi warung favorit bagi kaum yang menyukai kuliner cue, dan sehinga dari situ muncul ide penulis mengunakan cue sebagai filler supaya mengurangi limbah cue menjadi bahan yang berguna sebagai filler. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh campuran aspal beton dengan menggunakan abu cangkang cue sebagai pengganti filler. Metode yang digunakan adalah metode bina marga, dengan membuat benda uji dari dua variasi masing-masing variasi memiliki komposisi yang berbeda untuk persen filler nya. Persentase filler yang digunakan untuk masing-masing variasi adalah penambahan filler semen 0% dan abu cangkang cue 100 %, dan penambahan filler abu semen 25 % dan abu cangkang cue 75 %. Berdasarkan metode tersebut hasil yang didapat dari variasi filler 0/100 dan 25/75 didapat KAO 6,25 dan KAO 5,75. Stabilitas 1237,310 dan 1346,685, Flow 3,87 dan 3,47, VIM 4,09 dan 5,83, density 2,36 dan 2,33, MQ 321,755 dan 395,790 kg/mm, durabilitas 95,83% dan 93,13%, dapat disimpulkan bahwa tingginya kadar cue dalam suatu campuran dapat meningkatan kelenturan dan keawetan. Kedua variasi ini cocok digunakan untuk lalu lintas berat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir)
Subjects: Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Teuku Hermilan, S. IP
Date Deposited: 29 Feb 2024 02:06
Last Modified: 29 Feb 2024 02:06
URI: http://repositori.utu.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item
View Item