ANALISIS AERODINAMIKA PADA MOBIL LISTRIK HEMAT ENERGI AREA GREEN CAMPUS UNIVERSITAS TEUKU UMAR

MARZUKI ARIF, NIM. 1705903010044 (2022) ANALISIS AERODINAMIKA PADA MOBIL LISTRIK HEMAT ENERGI AREA GREEN CAMPUS UNIVERSITAS TEUKU UMAR. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar.

[thumbnail of BAB I-V.pdf] Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB)

Abstract

Semakin meningkat perkembangan teknologi pada sektor penghematan energi para peneliti maupun pelaku industri otomotif, salah satu cara dengan membuat bentuk bodi kendaraan yang lebih aerodinamis. Bentuk bodi yang aerodinamis mengurangi tahanan aerodinamika sehingga dapat mengoptimalkan tenaga mesin untuk menjadi gaya dorong traksi kendaraan hemat bahan bakar serta menjaga stabilitas kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahanan aerodinamika pada bodi mobil hemat energi di area green campus di Universitas Teuku Umar. Metode penelitian perencanaan mobil listrik hemat energi adalah perencanaan desain, alat penelitian dan tahapan pengambil data. Dari hasil simulasi koefisien drag dapat dilihat bahwa Mobil Hemat Energi Area Green Campus UTU lebih kecil koefisien drag nya yaitu dengan nilai rata-rata 0.06. Artinya hambatan udara pada mobil hemat energi area green campus UTU lebih kecil. Seiring bertambahnya kecepatan aliran udara untuk kendaran Mobil Hemat Energi nilai koefisen rata-rata semakin meningkat. Dari kesimpulan mobil memiki kecepatan 30 km/jam, hasil gaya dorong rencana roda belakang (Ftraksi)d sebesar 182,3 N, gaya hambat saat mobil berjalan yaitu 7,34 N. Daya dorong yang dibutuhkan (Ptraksi) sebesar 0,85 HP dan saran mobil hemat energy area green campus ini agar dapat di kembangkan lagi, khususnya di area Universitas Teuku Umar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Teuku Hermilan, S. IP
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:05
Last Modified: 23 Feb 2024 03:05
URI: http://repositori.utu.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item
View Item