ANALISIS PENGARUH FAKTOR PRODUKSI LUAS LAHAN, MODAL DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT

RABIATON, NIM 06C10404039 (2015) ANALISIS PENGARUH FAKTOR PRODUKSI LUAS LAHAN, MODAL DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (266kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id

Abstract

Secara Umum, Pembangunan Nasional dibidang pertanian bertujuan untuk kesejahteraan dan kemakmuran bagi para petani dengan demikian sasaran utama yang ingin dicapai dari pembangunan pertanian adalah untuk meningkatkan pendapatan petani. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan cara “Purposive Sampling” Dengan pertimbangan bahwa Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat merupakan daerah yang mengusahakan usahatani padi sawah. Ruang Lingkup ini terbatas pada masalah produksi dan pendapatan usahatani padi sawah serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.Tehnik pengambilan sample petani dilakukan dengan Acak Sederhana (Simple Random Sampling). Besarnya sample masing-masing diambil sebanyak 20 persen dari jumlah petani yang mengusahakan padi sawah yakni 20 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Faktor Produksi, Luas Lahan, Modal dan Tenaga Kerja terhadap Pendapatan Petani Padi Sawah Di Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Secara serempak pendapatan petani di Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat dipengaruhi secara nyata oleh variabel luas lahan, penggunaan tenaga kerja dan biaya produksi dan secara parsial pendapatan Petani di Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat dipengaruhi secara nyata (signifikansi) oleh variabel luas lahan dan variabel Tenaga Kerja sedangkan Biaya Produksi tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan Petani di daerah penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Zulfikri., S.IP., ALC
Date Deposited: 13 Sep 2017 12:22
Last Modified: 13 Sep 2017 12:22
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item View Item